ARTIKEL AKUNTANSI Headline Animator

Senin, 18 Mei 2009

Pengantar Penelitian

Definisi Penelitian Untuk Bisnis

  • Uma Sekaran (2006:7) mendefinisikan penelitian bisnis sebagai penyelidikan atau investigasi yang terkelola, sistematis, berdasarkan data, kritis, objektif dan ilmiah terhadap suatu masalah yang spesifik.
  • Penelitian bisnis merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah spesifik yang dihadapi dalam dunia kerja, yang membutuhkan sebuah solusi.

Penelitian : Terapan dan Dasar

Berdasarkan tujuannya penelitian dibagi menjadi 2, antara lain :

1. Penelitian Terapan (Applied Research)

Adalah penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah mutakhir yang dihadapi oleh seorang manajer dalam konteks pekerjaan, yang menuntut solusi tepat waktu. Misalnya, sebuah produk tidak laku di pasaran dan manajer harus menemukan dasar dibalik hal tersebut dalam rangka mengambil tindakan perbaikan.

2. Penelitian Dasar (Basic Research)

Adalah penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan pokok pengetahuan dengan berusaha memahami bagaimana masalah tertentu yang terjadi dalam organisasi dapat diselesaikan. Misalnya, seorang professor sebuah universitas tertarik untuk menyelidiki penyebab seringnya pegawai absen (masalah absensi di perusahaan) semata-mata karena minat akademik. Untuk itu harus ditentukan indikator penyebabnya, seperti jam kerja yang terlalu padat, kurangnya pelatihan, sampai dengan moral dan karakteristik dari karyawan tersebut. Setelah disimpulkan hasil dari penelitian tersebut, maka dapat digunakan bagi manajer untuk mengatasi permasalahan absensi karyawan.

0 komentar: